BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Surat merupakan
sehelai kertas atau lebih yang digunakan sebagai alat komunikasi untuk
menyampaikan pernyataan maupun informasi secara tertulis dari pihak satu kepada
pihak yang lain. Informasi tersebut bisa berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan,
permintaan, laporan, pemikiran, sanggahan, dan lain sebagainya. (Ali Adlan
& Tanzil, 2006)
Setiap organisasi, perusahaan, maupun instansi, pada umumnya
mempunyai suatu unit khusus yang bertugas dalam bidang administrasi
yang mengelola segala suatu yang berhubungan
dengan kegiatan administrasi yang pada akhirnya
akan berhubungan dengan kegiatan kearsipan. Jadi kegiatan administrasi pada dasarnya adalah
menghasilkan, menerima, mengolah, dan menyimpan berbagai surat, laporan,
formulir, dan sebagainya.
Dengan alasan tersebut maka pada masa sekarang
banyak organisasi / instansi yang menggunakan
media elektronik dalam pengelolaan
arsip, mulai dari model tradisional tidak menggunakan database sampai yang menggunakan media
digital. Pada kantor balai desa Wonokerto
kecamatan Karangtengah kabupaten Demak, pengelolaan arsip surat
masih menerapkan pengelolaan yang manual, sehingga dalam proses pencarian,
penyimpanan, dan pengolahan masih
memerlukan waktu, dan tenaga
yang lebih. Oleh sebab itu, penulis mengusulkan
pembuatan aplikasi yang mengelola dan menyimpan
arsip. Dengan
adanya aplikasi pengarsipan ini, diharapkan
sistem informasi surat akan membantu dan memudahkan di dalam
pengelolaan arsip.
Dari latar belakang yang telah di tulis di atas dan berdasarkan dari kerja praktek yang penulis lakukan, penulis
mengambil judul laporan kerja praktek
adalah “ SISTEM INFORMASI KEARSIPAN
SURAT PADA BALAI DESA WONOKERTO KABUPATEN DEMAK ”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar