Rabu, 20 April 2016

BAB I PENDAHULUAN



BAB I

 PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Surat merupakan sehelai kertas atau lebih yang digunakan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pernyataan maupun informasi secara tertulis dari pihak satu kepada pihak yang lain. Informasi tersebut bisa berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, laporan, pemikiran, sanggahan, dan lain sebagainya. (Ali Adlan & Tanzil, 2006) 
Setiap organisasi, perusahaan, maupun instansi, pada umumnya mempunyai suatu unit khusus yang bertugas dalam bidang administrasi yang mengelola segala suatu yang berhubungan dengan kegiatan administrasi yang pada akhirnya akan berhubungan dengan kegiatan kearsipan. Jadi kegiatan administrasi pada dasarnya adalah menghasilkan, menerima, mengolah, dan menyimpan berbagai surat, laporan, formulir,  dan  sebagainya.
Dengan alasan tersebut maka pada masa sekarang banyak organisasi / instansi yang menggunakan media elektronik dalam pengelolaan arsip, mulai dari model tradisional tidak menggunakan database sampai yang menggunakan media digital. Pada kantor balai desa Wonokerto kecamatan Karangtengah kabupaten Demak, pengelolaan arsip surat masih menerapkan pengelolaan yang manual, sehingga dalam proses pencarian, penyimpanan, dan pengolahan masih memerlukan waktu, dan tenaga yang lebih. Oleh sebab itu, penulis mengusulkan pembuatan aplikasi yang mengelola dan menyimpan arsip. Dengan adanya aplikasi pengarsipan ini, diharapkan sistem informasi surat akan membantu dan memudahkan di dalam pengelolaan arsip.
Dari latar belakang yang telah di tulis di atas dan berdasarkan dari  kerja praktek yang penulis lakukan, penulis mengambil judul laporan kerja praktek  adalah “ SISTEM INFORMASI KEARSIPAN SURAT PADA BALAI DESA WONOKERTO KABUPATEN DEMAK ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar